Februari 13, 2012

Biografi : Mike Dirnt

                   

Michael Ryan Pritchard (lahir 4 Mei 1972) adalah musisi asal Amerika yang dikenal sebagai bassist, backing vocalist, dan pendiri dari band punkAmerika Green Day.

Saat di sekolah, Mike senang bermain "air-bass". Sementara dia bergaya seolah sedang memetik senar bass, dia mengucapkan "dirnt, dirnt, dirnt" untuk meniru suara bass. Dan akibatnya, teman-teman sekolahnya mulai memanggilnya "Mike Dirnt".
  • Kehidupan dan karir

Mike Dirnt dilahirkan dan dibesarkan di California. Ibu Mike adalah seorang pecandu heroin. Dia diberikan untuk adopsi saat ia masih bayi kepada ayah kulit putih dan ibu Amerika pribumi. Dia memiliki seorang adik perempuan, Myla. Ketika berusia 7 tahun, orang tua angkatnya bercerai. Mike kemudian hidup bersama ayahnya untuk sementara, tetapi konfrontasi membuat dirinya kembali kepada ibunya. Karena mereka hidup dalam kemiskinan, adik perempuannya pergi meninggalkan rumah mereka saat usia 13 tahun. “Banyak hal terjadi begitu saja,” ucap Mike. “Ketika aku kelas empat atau lima, ibuku keluar semalaman, pulang esoknya dengan seorang pria, dan dia menetap bersama kami. Aku tidak pernah bertemu pria itu sebelumnya dan entah bagaimana dia menjadi ayah tiriku. Tapi kami tidak pernah cocok bertahun-tahun. Kemudian, ketika aku memasuki SMA, ibuku pergi dari kami, dan aku dan ayah tiriku menjadi dekat. Dia menanamkan banyak hal padaku. Satu-satunya hal yang diberikan keluargaku padaku adalah moral kerah-biru. Namun dia meninggal saat aku berusia 17 tahun.” [1]

Dirnt meninggalkan rumah saat usia 17 tahun untuk hidup di karavannya sendiri, hingga kemudian ia menyewa sebuah kamar di rumah Billie Joe Armstrong. Dia bersekolah di Salesian High School, John Swett High School, dan lulus di Pinole Valley High School pada tahun 1990. Green Daykemudian memulai tour pertama mereka sehari setelah kelulusan.

Bagaimanapun, Dirnt nyaris tidak lulus dari SMA. Dia sering bolos dari sekolah untuk bekerja dan ibunya tidak pernah menandatangani formulir absensi. Pada akhir tahun ketiganya, dia mendapat nilai buruk daripada mendapat peringkat yang telah ia usahakan. Mike pernah menyatakan bahwa ia sangat marah terhadap ibunya, dengan berkata:
“ I took my mom aside, I said, 'This is how it is. You have so much shit going on in your life, so if once every semester you ask me if I've done my homework and jump all over my case, that's not right. Have I failed yet? No. And I'm going to graduate if you stay off my back. The one time in your life you chose to have morals, and it's going to fuck me up.[1]


Dirnt pertama kali bertemu Billie Joe Armstrong pada 1982 saat usia 10 tahun di kantin Rodeo Elementary School, beberapa bulan sebelum ayah Armstrong meninggal karena kanker esofagus. Dirnt dan Armstrong pertama kali mendirikan band Sweet Children pada 1987 saat berusia 15 tahun sebelum akhirnya memulai band mereka sekarang, Green Day, dengan drummer John Kiffmeyer hingga berganti dengan drummer mereka sekarang, Tre Cool.

Penampilan Green Day pada Woodstock '94 cukup membuat mereka terkenal. Dalam pertunjukan itu, terjadi perang lumpur antara penonton dan Green Day. Dalam kejadian itu, banyak penggemar yang berusaha naik ke panggung pada akhir set mereka hingga salah satu penjaga salah mengira Dirnt sebagai salah satu penggemar tersebut, menjatuhkannya, dan memetahkan beberapa giginya sambil berusaha menyingkirkannya dari panggung.

Awalnya dia menggunakan bass Gibson G3, namun pada salah satu konder Nimrod, Tre Cool secara tidak sengaja merusaknya saat ia mencoba menunjukkan kepada seorang penggemar cara memutar bass melalui punggung. Armstrong kemudian mengirim teknisi bass Dirnt untuk mendapatkan bass baru. Hasilnya adalah Fender Precision Bass ' 69. Dirnt kemudian meminta Fender untuk membuatkan P-Bass versinya sendiri, dan hasilnya adalah modifikasi dari P-Bass '51 dengan Custom Shop '59 "Hot Rod" Split-Coil Pickup, sebuah bridge BadAss II dan neck yang lebih tipis. Bass tersebut dirilis pada awal 2004.
  • Peran vokal dan penulisan lagu

Walaupun Armstrong adalah penulis lirik utama Green Day, Dirnt telah menulis lirik untuk lagu "Emenius Sleepus", "J.A.R.", "Scumbag", "Ha Ha You're Dead", dan subtrack "Nobody Likes You" dari lagu "Homecoming" (album American Idiot). Dia juga membantu penulisan lirik "Panic Song" dan "Best Thing in Town" bersama dengan Armstrong. Dirnt juga menulis seluruh permainan bass untuk lagu-lagu Green Day. Dirnt menjadi vokal utama pada lagu "Governator" (dirilis dalam CD singel "American Idiot"), bait ketiga lagu "Outsider" (album Shenanigans), dan menyanyikan bagian kedua lagu "American Eulogy", "Modern World" (album 21st Century Breakdown). Contoh bassline mencolok yang ditulis oleh Dirnt antara lain "Stuart and the Ave.", "Longview", "No One Knows", "Stuck with Me" dan "J.A.R. (Jason Andrew Relva)".
  • Diskografi Green Day

39/Smooth (1990) — bass, backing vocal
Kerplunk! (1992) — bass, backing vocal
Dookie (1994) — bass, backing vocal
Insomniac (1995) — bass, backing vocal
Nimrod. (1997) — bass, backing vocal
Warning: (2000) — bass, backing vocal, farfisa (di "Misery")
American Idiot (2004) — bass, backing vocal, vokal (di "Nobody Likes You")
21st Century Breakdown (2009) — bass, backing vocal, vokal (di "Modern World")Foxboro Hot Tubs
Stop Drop and Roll!!! (2008) — bass, backing vocalThe Frustrators
Achtung Jackass (2002) — bass, backing vocal
Bored in the USA (EP) (2002) — bass, backing vocal
Griller (EP) (2011) — bass, backing vocalScreeching Weasel
How to Make Enemies and Irritate People (1994) — bass dan backing vocal
Suzanne Is Getting Married (EP) (1994) — bass dan backing vocal (di track 1)Squirtgun
Squirtgun (1995) — bass dan backing vocal (di "Make It Up")
  • Peralatan

Bass
Mike Dirnt Precision Bass
Fender 1969 Vintage Precision Bass alias "Stella"
Fender Standard Precision Bass
Fender 1966 Vintage Precision Bass
Gibson G3 Bass (tidak dipakai lagi)
Kramer 250B (tidak dipakai lagi)
Peavey Patriot Bass (tidak dipakai lagi)

Amplifikasi
Mesa/Boogie M-2000 Head (x3)
Mesa/Boogie 6x10 Custom Cab (x2+)
Mesa/Boogie 1x18 Cab (x2+)
Mesa/Boogie 2x10 Cab (x2+)
Fender Pro 1200 Head (x2)
Fender Pro 800 Head (x1)
Fender Pro 810 Cab (x3+)

Lain-lain
Ernie Ball Super Slinky Strings
Fender 7250M Strings
Shure ULX Wireless
Custom Audio Electronics Switcher
Custom Moody 2.5" Signature Leather Straps
Custom "Dirnt" Dunlop Tortex Plectrums, 0.76 mm dan 0.88 mm
Zinky Master Blaster Boost Pedal
Zinky True Grit Overdrive Pedal


sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar